SELAMAT DATANG di BLOG TBM SKB Kab. Ponorogo; Sebagai sarana publikasi edukatif, informatif dan rekreatif tentang program dan kegiatan UPT SKB Kab. Ponorogo

UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab.Ponorogo adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan program percontohan dan pengendali mutu pendidikan nonformal dan informal di Kabupaten Ponorogo.

Dengan membaca kita dapat membuka dunia

Selasa, 18 Mei 2010

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mobil Keliling UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo




Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mobil Keliling UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo
UPT Sanggar Kegiatan Belajar merupakan unsur pelaksanan sebagian kegiatan teknis operasional Dinas di bidang kegiatan belajar yang dipimpin oleh Kepala yang bertanggungjawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris Dinas. UPT Sanggar Kegiatan Belajar mempunyai tugas melaksanakan dan mengembangkan rintisan program percontahan dan pengendalian mutu sebagai penunjang peka\laksanaan program pendidikan nonformal dan informal.
1. Visi dan Misi TBM
a. Visi
Unggul dan prima dalam mendukung program pendidikan nonformal menuju terwujudnya masyarakat Kabupaten Ponorogo yang beriman dan bertaqwa, cerdas, terampil, demokratis serta memiliki daya saing tinggi.
b. Misi
1) Meningkatkan koordinasi yang sinergi antara TBM UPT SKB Kabupaten Ponorogo dengan institusi lain dalam mendukung program PNF di Kabupaten Ponorogo berdasarkan tugas pokok, fungsi serta peran masing-masing sesuai tugas dan tanggungjawabnya.
2) Meningkatkan kinerja UPT SKB Kabupaten Ponorogo dalam rangka memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat dalam bidang PNF.
3) Meningkatkan produktivitas kinerja aparatur dan pengelolalaan pendidikan di UPT SKB Kabupaten Ponrogo dalam rangka memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat dalam bidang PNF.
4) Meningkatkan mutu program PNF diberbagai jenis jenjang dan satuan pendidikan dengan perluasan layanan bahan bacaan.


TUJUAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT
Tujuan didirikannya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mobil Keliling UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo adalah :
a. Tujuan Lembaga penyelenggara
1) Meningkatkan dan memperkuat eksistensi lembaga Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo sebagai UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo.
2) Meningkatkan kuantitas dan kualitas program UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo utamanya dibidang pembinaan minat baca.
3) Memperkuat hubungan lintas sektoral baik secara vertikal maupun horisontal.
b. Tujuan Program
1) Menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan sasaran (peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan nonformal) binaan UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo.
2) Meningkatkan motivasi belajar sasaran (peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan nonformal) binaan UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo.
3) Mewujudkan program pemerintah dalam rangka memotivasi masyarakat dibidang pembinaan minat baca.
c. Tujuan Sasaran
1) Peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan nonformal binaan UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo mendapatkan pelayanan program pembinaan minat baca.
2) Masyarakat di wilayah Kabupaten Ponorogo mendapatkan pelayanan pembinaan minat baca.

MANFAAT
Penyelenggaraan program Taman Bacaan Masyarakat (TBM)Monil Keliling UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi sasaran dan pengelola.
a. Manfaat bagi sasaran
1) Dengan membaca, sasaran dapat memperoleh informasi melalui bahan bacaan, apakah itu buku pelajaran maupun buku-buku lain yang berisi pedoman atau petunjuk (manfaan informatif)
2) Membaca juga dapat menghibur, bila bahan bacaan yang dibaca adalah majalah-majalah hiburan, novel, cerita pendek (manfaat rekreatif).
3) Dengan membaca dapat memperluas wawasan, meningkatkan keterampilan dan memperluas cakupan informasi serta nilai moral yang diperoleh oleh sasaran (manfaat edukatif).
b. Manfaat bagi pengelola
1) Memberikan dasar pertimbangan dalam langkah tindak lanjut serta perencanaan dan pelaksanaan program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) selanjutnya.
2) Sebagai tambahan pengetahuan dan pengalaman dalam hal mengelola program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan program pendidikan nonformal pada umumnya.


c. Manfaat bagi pemerintah
1) Memberikan sumbangan bagi pengambil kebijakan dalam menerapkan manajemen/pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mobil Keliling..
2) Memberikan sumbangan pemikiran terutama untuk dicermati bahwa keberhasilan suatu pencapaian tujuan penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bisa dilihat dari manajemen yang dijalankannya.



2. Identitas TBM
Nama : TBM Mobil Keliling ”Suromenggolo” UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo
Alamat : Jln. Soekarno Hatta No. 78 Ponorogo
Telp../Fax. : (0352) 489988 / 462130


3. Pengelola TBM
Penanggungjawab : Siswanto, S.Pd, M.Pd (Kepala UPT SKB Kabupaten Ponorogo)
Pengelola :
1. Drs. Nuryanto (Pamong Belajar Muda )
2. Dra. Widoretno Suprandini (Pamong Belajar Muda )
3. Drs. Lambang Prasetyo (Pamong Belajar Muda)


4. Bahan Bacaan TBM
Buku karya umum : 97 judul, 388 eksemplar
Buku ilmu sosial : 17 judul, 68 elsemplar
Buku agama : 29 judul, 116 eksemplar
Buku filsafat : 24 judul, 96 eksemplar
Buku pelajaran : 216 judul, 1512 eksemplar


5. Sarana TBM
Mobil Keliling : 1 unit
Rak/almari : 2 unit, kapasitas 500 eksemplar
Meja/bangku baca : 2 unit, kapasitas 8 orang
Meja pengelola : 3 unit
Komputer/internet : 1 unit



RUANGAN TBM


2 komentar:

Anonim mengatakan...

semoga mampu menumbuhkan minat baca masyarakat baik tua maupun muda.... ayo, pak... tarik.... bensinnya diisi terus ya...full-tank.

TBMSKB_Ponorogo mengatakan...

Semoga penyelenggaraan program Taman Bacaan Masyarakat (TBM)Mobil Keliling UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi sasaran dan pengelola.