SELAMAT DATANG di BLOG TBM SKB Kab. Ponorogo; Sebagai sarana publikasi edukatif, informatif dan rekreatif tentang program dan kegiatan UPT SKB Kab. Ponorogo

UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab.Ponorogo adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan program percontohan dan pengendali mutu pendidikan nonformal dan informal di Kabupaten Ponorogo.

Dengan membaca kita dapat membuka dunia

Kamis, 28 Januari 2010

Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup pada Pendidikan Kekasaraan

BAB I


Sanggar Kegiatan Belajar sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam upaya memberdayakan masyarakat, keluar dari kesulitannya. Eksistensi Sanggar Kegiatan Belajar yang berfungsi sebagai fasilitator dan motifator sangat tergantung dari masyarakat yang membutuhkan. Berperannya Sanggar Kegiatan Belajar sebagai wadah dalam memenuhi kebutuhan belajar masyarakat, diarahkan pada upaya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan yang bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu UPT SKB Kab. Ponorogo sebagai instansi pemerintah yang berfungsi sebagai fasilitator dan motivator terselenggaranya program pendidikan luar sekolah mengajukan proposal/ usulan tentang Program Pendidikan Kecakapan Hidup bagi warga belajar Keaksaraan Fungsional. Pendidikan Kecakapan Hidup merupakan upaya untuk menanamkan dan meningkatkan kecakapan hidup individu peserta didik sehingga mampu hidup dan berpenghidupan secara layak dan mandiri. Dengan diterapkannya pendidikan kecakapan hidup dalam program Keaksaraan merupakan pembelajaran yang berfokus pada kemampuan, kesanggupan bagi warga belajar sehingga akan menjadi bekal yang bermaaf untuk menghadapi dan memecahkan berbagai problem hidup dan kehidupan mereka.


Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup pada Pendidikan Keaksaraan

    1. Dapat memenuhi kebutuhan Belajar belajar masyarakat melalui program Pendidikan Kesetaraan khususnya Kejar Paket A Keaksaraan fungsional.

    2. Membantu warga belajar untuk menanamkan dan meningkatkan kecakapan hidup individu peserta didik sehingga mampu hidup dan berpenghidupan secara layak dan mandiri.

    3. Eksistensi lembaga UPT SKB Kab. Ponorogo dalam berkiprah dan berkarya ditengah-tengah masyarakat yang sedang mengalami kesulitan akan semakin nampak dan dapat dirasakan.


Tidak ada komentar: