SELAMAT DATANG di BLOG TBM SKB Kab. Ponorogo; Sebagai sarana publikasi edukatif, informatif dan rekreatif tentang program dan kegiatan UPT SKB Kab. Ponorogo

UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab.Ponorogo adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan program percontohan dan pengendali mutu pendidikan nonformal dan informal di Kabupaten Ponorogo.

Dengan membaca kita dapat membuka dunia

Senin, 18 Januari 2010

PROFIL UPT SKB KAB.PONOROGO

Profil Kabupaten Ponorogo

Kabupaten Ponorogo secara geografis terletak antara 111o17 - 111o52 BT dan antara 7o49 -8o20 LS. Kabupaten ini di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Magetan, kabupaten Madiun, Kabupaten Nganjuk, di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten tulung Agung dan Kabupaten Trenggalek, disebelah selatan berbatasan dengan Kabupeten Pacitan sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Pacitan dan Kabupaten wonogiri. Luas wilayah kabupaten ponorogo 1.371,78 Km2.
Pada tahun 2006 Kabupaten ini mempunyai jumlah penduduk 919.392 jiwa yang terdiri dari 452.231 jiwa pria dan 467.161 jiwa wanita dengan kepadatan penduduknya sendiri mencapai 646 per Km2 Kabupaten Ponorogo pada tahun 2006 memiliki beberapa komoditi unggulan di sektor perkebunan. Komoditi yang dihasilkannya antara lain, berupa kelapa dalam dengan jumlah produksi sebesar 3.732 ton dan kopi arabika dengan jumlah produksi sebesar6ton.
Dilihat dari segi ekonomi, total nilai PDRB yang dicapai Kabupaten Ponorogo paada tahun 2006 sebesar 2.694.520.700(dalam jutaan rupiah) dengan konstribusi terbesar berasal dari sektor pertanian, sektor jasa dan dari sektor industri pengolahan.
Kabupaten Ponorogo yang terkenal dengan reog ponorogo ini memiliki wilayah yang tandus, meskipun gersang dan tandus, sektor pertanian masih menjadi tulang punggung kegiatan ekonomi dengan hasil pertaniannya berupa padi, ubi kayu, kacang kedelai, kacaang hijau dan tebu.
Satu lagi obyek wisata yang yang dapat dikembangkan sejajar dengan obyek wisata didaerah lain yaitu Telaga Ngebel. Panorama yang dapat dilihat di Telaga Ngebel sangat menakjubkan. Danau yang masih alami dan belum banyak terjamah fasilitas umum ini, dikelilingi oleh Gunung Wilis. Merupakan objek wisata potensial, yang mampu mendatangkan turis domestik maupun mancanegara apabila dikembangkan secara matang dan terpadu. Di sektor pertambangan dan galian terdapat batu marmer yang telah digali dan dikembangkan di Kecamatan Ngrayun.

Sumber Data:
Jawa Timur Dalam Angka 2007
(01-9-2007)
BPS Provinsi Jawa Timur
Jl. Raya Kendangsari Industri 43-44, Surabaya
Telp (031) 8438873
Fax (031) 8494007


PROFIL UPT SKB KAB.PONOROGO

A. Profil SKB kab. Ponorogo

Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo yang melaksanakan program percontohan dan pengendali mutu pendidikan nonformal dan informal di Kabupaten ponorogo.

* Identitas Lembaga

Nama : UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Ponorogo

Alamat : Jl. Soekarno Hatta No. 78 Ponorogo

Telp./Fax : (0352) 489988 / 462130

Email : skbponorogo@yahoo.co.id

Kode Pos : 63419

* Dasar Hukum Lembaga :

î Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 022/O/2000 tentang Pembentukan Sebelas Sanggar Kegiatan Belajar

î Peraturan Bupati Ponorogo Nomor 51 tahun 2008 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo

* Visi & Misi :

Visi : Terwujudnya UPT Sanggar Kegiatan Belajar yang Unggul dan Prima dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia sebagai Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Peserta Didik Pendidikan Non Formal dan Informal

Misi : 1. Meningkatkan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal dan Informal melalui Bimbingan dan Pelatihan

2. Menyelenggarakan Program Percontohan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

3. Menyelenggarakan Program Percontohan Pendidikan Kesetaraan (Kejar Paket A, B, dan C)

4. Menyelenggarakan Program Percontohan Pendidikan Keaksaraan Fungsional (KF) dan Layanan Khusus Taman Bacaan Masyarakat

5. Menyelenggarakan Program Percontohan Pendidikan Kecakapan Hidup (life skill)

6. Menyelenggarakan Program Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Non Formal

* Tugas Pokok & Fungsi

Melaksanakan Pembuatan Percontohan dan Pengendalian Mutu Pelaksanaan Program Pendidikan Non Formal dan Informal.

* Kepegawaian

Jabatan

SMP

SMA

S1

S2

Jumlah

Kepala

-

-

-

1

1

Pamong Belajar

-

4

12

3

19

Staf

3

7

2

-

12

Jumlah

3

11

14

4

32

* Aset

Tanah

Luas: 1.359 m2

Sertifikat Hak Pakai No. 20

Nama Pemegang Hak : Pemerintah Kabupaten Ponorogo

Bangunan

1 ruang Kepala

1 ruang Ketua Pokdi

1 ruang Praktek Kursus

1 ruang Aula

1 ruang Aula + KM

1 ruang Pokdi KF & TBM

1 ruang Tata Usaha

2 ruang belajar + Pokdi PAUD

1 ruang administrasi Pokdi

1 ruang Pokdi Kesetaraan

1 Mushalla

1 ruang ICT

2 ruang belajar Paket C

1 ruang Pokdi Kursus

1 ruang Pokdi Kelembagan/SIM

1 ruang Lab. Bahasa

1 ruang Praktek Boga

1 Gudang

Kendaraan

1 unit Minibus

ISUZU NHR5 5E-2

AE 7001 SP

1 unit Carry

Suzuki ST150 Futura

AE 373 SP

1 unit Motor Gerobak

Kaisar Triseda

AE 2312 SP

2 unit Sepeda Motor

Honda NF 100 SLD

AE 2313 SP, AE 2314 SP

1 unit Sepeda Motor

Honda NF 125 SD

AE 2024 SP

Peralatan

Komputer : 20 unit

Laptop : 3 unit

Printer : 7 unit

Handycam : 1 unit

Camera Digital : 5 unit

Faximile : 1 unit

LCD Proyektor : 1 unit

* Kemitraan

No.

Lembaga Mitra

Bentuk Kemitraan

1

BPPNFI Regional IV

Pembinaan dan Pengawasan

2

UPT SKB Ponorogo

Pembinaan Teknis

3

Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo

Pembinaan Ujian Nasional

4

Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo dan UPT SKB Kabupaten Ponorogo

Pembinaan tutor

B. Profil TBM SKB Kab. Ponorogo

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah tempat melayani kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai ilmu pengetahuan dalam bentuk bahan bacaan dan bahan pustaka lainya.

* Identitas lembaga

Nama : Taman Bacaam Masyarakat “ Suro MenggoLo “

Alamat : Jl. Soekarno Hatta No. 78 Ponorogo

Telp./Fax : (0352) 489988 / 462130

Alamat Blog : tbmskbpo.blogspot.com/

Kode Pos : 63419

* Dasar Hukum Lembaga :

Keputusan Kepala Unit Pelaksana Teknis Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ponorogo Nomor : …….

* Visi dan Misi

VISI :

Unggul dan prima dalam mendukung program Pendidikan Non Formal Menuju Terwujudnya masyarakat Kabupaten Ponorogo yang beriman dan bertaqwa, cerdas, terampil, demokratis serta memiliki daya saing tinggi .

MISI :

a. Meningkatkan koordinasi yang sinergi antara TBM UPT SKB dengan institusi lain dalam Mendukung Program PNF di Kab. Ponorogo berdasarkan tugas pokok, fungsi, serta peran masing-masing sesuai tugas dan tanggung jawabnya.

b. Meningkatkan kinerja UPT SKB, dalam rangka memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat dalam bidang PNF

c. Meningkatkan produktifitas kinerja apratus dan pengelolaan pendidikan di UPT SKB, dalam rangka memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat dalam bidang PNF.

c. Meningkatkan mutu program PNF diberbagai jenis jenjang dan satuan pendidikan, dengan perluasan layanan bahan bacaan .

* Tugas Pokok & Fungsi

Melaksanakan pelayanan kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai ilmu pengetahuan dalam bentuk buku-buku dan bahan pustaka serta mendukung Pembuatan Percontohan dan Pengendalian Mutu Pelaksanaan Program Pendidikan Non Formal dan Informal lainya.

* Petugas

Petugas Taman bacaan masyarakat “Suro Menggolo” adalah karyawan dan karyawati UPT SKB Kabupaten Ponorogo.

No.

Nama

Jabatan

Keterangan

1

Dra.Wioretno Suprandini

Ketua


2

Drs. Lambang Prasetyo

Anggota


3

Drs. Nuryanto

Anggota


* Aset

Aset taman bacaan masyarakat “Suro Menggolo” UPT SKB Kabupaten Ponorogo adalah milik UPT SKB Pemerintah Kabupaten Ponorogo, yang terdiri dari buku-buku dari berbagai disiplin ilmu, 2 meja & 2 kursi, seperangkat computer, ruangan baca, mobil TBM.

C. Peran Blog Taman Bacaan Masyarakat “ Suro Menggolo”

Blog Taman Bacaan Masyarakat “ Suro Menggolo” UPT SKB Kabupaten ponorogo adalah sebagai sarana media informasi berbagai kegiatan/program yang dilaksanakan oleh lembaga serta berbagai informasi umum yang diperlukan untuk kalangan sendiri juga untuk warga masyarakat kususnya di wilayah kabupaten ponorogo. Disamping memberikan layanan informasi secara tidak langsung juga mengajak kepada pengunjung blog tbmskbpo.blogspot.com/ ini untuk belajar serta menggunakan peralatan teknologi informasi (IT) yang disaat-saat sekarang berkembang dengan pesatnya dan seolah-olah sudah hampir menjadi kebutuhan pokok.

D. Manfaat

Setelah berdirinya blog tbm UPT SKB Kabupaten ponorogo sejak januari 2010 banyak sekali manfaatnya yang dirasakan oleh banyak kalangan yang memerlukan berbagai informasi terkait dengan kegiatan-kegiatan Sanggar kegiatan belajar dinas pendidikan kabupaten ponorogo. Pelayanan masyarakat di berbagai bidang kegiatan di UPT SKB Kab. Ponorogo diantara lain :

* Bidang Kesetaraan

Bidang ini mengadakan perencanaan, pelaksanaan, monitoring serta evaluasi program kejar paket A, B, C diwilayah kabupaten ponorogo.

* Bidang Kursus

Bidang ini mengadakan perencanaan, pelaksanaan, monitoring serta evaluasi program kursus yang diselenggarakan sesuai identifikasi kebutuhan belajar wilayah di kabupaten ponorogo.

* Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Bidang ini mengadakan perencanaan, pelaksanaan, monitoring serta evaluasi program PAUD yang diselenggarakan/ binaan UPT SKB

* Bidang SIM & Kelembagaan

Bidang ini mengadakan perencanaan, pelaksanaan, monitoring serta evaluasi program pendataan system informasi manjemen dan kelembagaan pendidik dan tenaga kependidikan nonformal dan informal di wilayah kabupaten ponorogo.

* Bidang Taman Bacaan Masyarakat

Melaksanakan pelayanan kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai ilmu pengetahuan dalam bentuk buku-buku dan bahan pustaka serta mendukung Pembuatan Percontohan dan Pengendalian Mutu Pelaksanaan Program Pendidikan Non Formal dan Informal lainya.


Kesimpulan

Secara geografis Kabupaten Ponorogo mempunyai luas wilayah 1.502,91km2, dengan posisi ketinggian antara 92 m samapai dengan 2.563 m dari permukaan laut. Kabupaten Ponorogo berbatasan dengan sebelah utara kabupaten Madiun, kabupaten Magetan, kabupaten Nganjuk; sebelah timur kabupaten trenggalek dan kabupaten Tulung Agung; sebelah Selatan kabupaten Pacitan; sebelah Barat Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Wonogiri.

Wilayah ponorogo terdiri dari 2 sub area tinggi dan rendah. Wilayah yang termasuk area tinggi adalah kecamatan Ngrayun, Sooko, Pulung, Ngebel, Slahung dan selebihnya berupa dataran rendah. Ponorogo termasuk ke dalam iklim tropis dan mempunyai curah hujan tertinggi pada bulan Januari-April yaitu sebesar 227-370 mm/det, dan tingkat curah hujan terkecil terjadi pad bulan Oktober-Desember yaitu 51-70 mm/det. Suhu rata-rata di kota Ponorogo berkisar antara 28-34° C.

Berdasarkan data kependudukan pada tahun 2008 jumlah penduduk kabupaten Ponorogo berjumlah ± 329.608 jiwa yang terdiri dari penduduk perkotaan 21.346 jiwa dan penduduk pedesaan adalah 308.262 jiwa atau dengan kepadatan penduduk ± 735 jiwa /Km2.

Mengingat berbagai hal diatas Taman Bacaan Masyarakat “ Suro Menggolo” UPT SKB Kabupaten ponorogo menyelenggarakan layanan informasi yang bisa terjangkau dengan cepat dan bisa dibuka selama 24 jam diberbagai tempat diseluruh wilayah kabupaten ponorogo melalui weblog dengan alamat tbmskbpo.blogspot.com/

Saran

Pelayanan kepada masyarakat berupa sarana informasi yang diberikan oleh Taman Bacaan Masyarakat “ Suro Menggolo” UPT SKB Kabupaten Ponorogo melalui tbmskbpo.blogspot.com/ secara terus menerus akan mengalami perbaikan baik dalam tampilan serta informasi-informasi yang diperlukan oleh pengguna informasi.

Taman Bacaan Masyarakat “ Suro Menggolo” UPT SKB Kabupaten Ponorogo melalui tbmskbpo.blogspot.com/ dalam pelaksanaannya menyediakan informasi serta hiburan belum bisa memenuhi apa yang diharapkan oleh kita semua karena itu mohon kritik, saran dan pendapat disegala sector yang membangun guna perbaikan dan kelangsungan blog ini sangat diharapkan.















test.............test.....percobaan







Tidak ada komentar: